Pembayaran BPJS

Pembayaran BPJS

Pembayaran BPJS

Cara Mudah Cek Tagihan dan Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan

Pembayaran BPJS – Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan layanan kesehatan yang diberikan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Badan asuransi kesehatan yang secara resmi dibentuk oleh Pemerintah beberapa tahun lalu terbilang cukup populer dan menarik minat masyarakat. Karena layanan yang ditawarkan BPJS Kesehatan mengenakan tarif biaya yang lebih murah dan terjangkau dibandingkan dengan asuransi kesehatan pada umumnya.

Pemerintah sebagai badan yang penjamin terselenggaranya program ini benar-benar memerhatikan kebutuhan masyarakat dalam mengakses layanan yang telah diberikan BPJS Kesehatan. Hal ini ditujukan supaya masyarakat memperoleh layanan kesehatan yang terjangkau dan lebih cepat, termasuk dalam segala macam proses prosedur dan juga termasuk ketentuan dalam mengakses layanan kesehatan tersebut.

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan

Apabila sudah menjadi anggota BPJS Kesehatan. Anda tentu akan diwajibkan untuk membayar sejumlah tagihan setiap bulannya. Besarnya tagihan akan tergantung pada jenis layanan yang dipilih. Seperti hal nya kewajiban tagihan bulanan yang lain, Pelanggan juga akan membutuhkan kemudahan untuk melakukan pengecekan terhadap kewajiban tagihan yang perlu di bayarkan untuk setiap bulannya. Beberapa metode atau cara di bawah ini akan membantu Anda dalam pengecekan tagihan pembayaran.

  1. Melakukan pengecekan melalui website resmi BPJS

Cara Ini akan menjadi salah satu pilihan yang sangat tepat untuk Anda yang aktif menggunakan layanan internet. Anda cukup akses ke website resmi BPJS, yakni bpjs-kesehatan.go.id  dan melakukan pengecekan tagihan pembayaran dengan beberapa langkah di bawah ini:

  • Pada halaman utama pilih menu “Cek Pembayaran Iuran”
  • Sesudah  halaman baru tampil pada layar. Anda perlu untuk mengisi dua isian yang meliputi dari Nomor Kartu BPJS anda serta Tanggal Lahir sebagai pemegang kartu BPJS tersebut.
  • Setelah mengisi kedua isian tersebut, Anda juga perlu mengisikan Angka Validasi yang tertera di sana atau capthca. Setelah itu klik “Cek”, rincian dari pembayaran Anda akan tampil pada layar. Rincian tersebut berisikan pembayaran yang sudah dibayarkan dan juga tagihan yang belum dibayarkan.
  1. Melakukan pengecekan melalui SMS Gateway

Selain pakai website dengan sambungan internet, BPJS juga menyediakan kemudahan bagi peserta BPJS untuk melakukan pengecekan tagihan melalui SMS. Fitur SMS Gateway  ini tentu juga akan memberikan kemudahan bagi pelanggan serta juga para pengguna BPJS lainnya yang tidak menggunakan layanan internet. Layanan ini dapat diakses dengan jaringan seluler di nomor 0877 5500 400.

Berbagai macam informasi mengenai layanan BPJS kesehatan yang diperlukan dapat diakses melalui nomor tersebut, termasuk jumlah tagihan bulanan yang harus dibayarkan dan jumlah denda yang dikenakan (jika Anda melakukan penunggakan pada bulan-bulan sebelumnya). Info mengenai tagihan Anda tersebut bisa diakses dengan menggunakan salah satu data diri Anda, antara lain Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu BPJS Kesehatan (NOKA), atau Nomor Induk Pegawai yang Anda miliki.

Pakailah salah satu dari identitas nomor data diri tersebut untuk menampilkan tagihan iuran bulanan BPJS Anda, dengan format:

Misalnya, Anda menggunakan Nomor kartu BPJS.

Tagihan <spasi> Nomor Kartu BPJS

Contoh: Tagihan 0000123456789

Kirim ke 087775500400

Pembayaran BPJS – Cara Membayar Iuran BPJS Kesehatan

BPJS juga melakukan kemudahan untuk masyarakat agar bisa melakukan tagihan pembayaran BPJS mereka dengan lebih mudah dan nyaman. Ada banyak cara pembayaran tagihan yang dimungkinkan agar masyarakat lebih mudah dan cepat dalam pembayaran tagihan iuran mereka setiap saat. Apabila Anda menjadi anggota layanan BPJS Kesehatan, tidak perlu khawatir mengenai tempat pembayannya. Karena Anda bisa menentukan pilihan dari salah satu tempat pembayaran iuran BPJS di bawah ini.

  1. Kantor BPJS Kesehatan

Tempat ini akan sangat cocok bagi Pelanggan yang memang berdekatan dengan kantor BPJS Kesehatan. Anda bisa langsung ke kantor tersebut dan melaksanakan pembayaran pada loket pembayaran yang tersedia di sana.

  1. ATM BRI, BNI, atau Bank Mandiri

Selain di kantor BPJS, bisa juga melakukan pembayaran tagihan BPJS melalui ATM BRI, BNI, atau Bank Mandiri. BPJS bekerja sama dengan ketiga Bank tersebut secara sistem sehingga pelanggan dengan lebih mudah melakukan pembayaran tagihan BPJS. Hal Ini akan lebih memudahkan karena tidak perlu antri seperti saat membayar di loket pembayaran yang ada di kantor BPJS.

  1. Kantor Pos

BPJS juga memberikan kemudahan bagi pelanggan BPJS Kesehatan yang domisili di daerah. BPJS juga Kerja sama dengan PT Pos Indonesia hal ini juga akan memudahkan masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan untuk bisa melakukan pembayaran BPJS Kesehatan dengan mudah.

  1. Indomaret dan Alfamart

Pembayaran BPJS Kesehatan juga bisa melalui minimarket : Indomaret atau Alfamart. Kedua minimarket banyak ditemukan, sehingga pelanggan tidak menemui kesulitan dalam membayar iuran tagihan BPJS Kesehatan setiap saat.

  1. Loket Pembayaran Online PPOB

Pembayaran BPJS

Hal ini masyarakat sudah tidak asing lagi dengan loket pembayaran ini. Saat ini loket pembayaran PPOB banyak ditemukan di sekitar kita. Pada awalnya, loket pembayaran PPOB ini hanya melayani pembayaran listrik dan telepon. Namun, pada perkembangannya loket ini telah menyediakan layanan pembayaran bagi tagihan BPJS Kesehatan.

Dan saat ini Loket pembayaran Online PPOB yang terbaik adalah Griyabayar.net dengan kurang lebih 150 lebih produk pembayaran dan bekerja sama dengan Bank BTN. Lebih amannya bayarlah pada Loket Griyabayar. Atau anda bisa menjadi agent dari loket griyabayar ini.

Panduan Cara Deposit