Jenis Printer PPOB

Jenis Printer PPOB

Jenis Printer Apa Yang Terbaik Untuk PPOB ?

Jenis Printer PPOB – Seperti yang kita ketahui ada sebagian PPOB yang memakai SMS sebagai bukti pembayaran, bisa itu berupa nomer kode pengisian Listrik Pra Bayar (LBP / Token Listrik ), bisa juga bukti pelunasan listrik bulanan (Pre Paid). Tetapi tidak semua dari pelanggan cocok dengan metode bukti pembayaran via SMS, walaupun sebenarnya sama saja, karena di SMS pun tercantum bukti / nomer referensinya.

Jadi memang lebih banyak Loket PPOB di Indonesia yang memakai PRINTER, baik itu model lama maupun baru. Disini saya akan menjelaskan beberapa keunggulan dari berbagai macam printer yang akan dipakai PPOB.

  1. Printer Tinta | Jenis Printer PPOB

Jenis printer ppob

Jenis printer ini paling banyak dipakai Loket PPOB di Indonesia, karena dari segi harga yang cukup murah, perawatan lumayan mudah, cocok dengan segala aplikasi PPOB, baik web based maupun Aplikasi Desktop.

Kelemahannya adalah hasil cetakan struk nya tidak tahan lama, karena tinta, apabila terkena air akan luntur.

  1. Printer Dot Matrix | Jenis Printer PPOB

Jenis printer ppob

Jenis printer ini mengusung teknologi lama, tetapi ada fungsi yang tidak tergantikan dari printer lama ini. Printer ini memakai dot (jarum) untuk membuat pola / tulisan di kertas, jadi sifatnya tinta itu akan masuk di pori2 kertas sehingga hasilnya tahan lama dan tidak gampang luntur terkena air. Kelebihan lainnya adalah dia bisa langsung cetak di kertas karbon / langsung bisa mencetak 2 (bahkan lebih) copy dalam 1 kali proses.

Kelemahannya adalah suara waktu proses kadang membuat bising. Sparepart lumayan sulit didapat dan lumayan mahal untuk jenis printer seri terbaru.

  1. Printer Laser | Jenis Printer PPOB

Jenis printer ppob

Jenis printer ini termasuk baru dan hasilnya hampir mirip hasil fotokopian karena memakai serbuk (toner). Kelebihannya proses cetak cepat / paling cepat di kelas printer PPOB.

Kelemahannya, selain harganya yang mahal hasil nya masih lebih tahan lama printer dot matrix.

  1. Printer PDF | Jenis Printer PPOB

Jenis printer ppob

Printer ini hasilnya berbentuk softcopy / file yang akan disimpan di PC Loket. Printer ini tidak dipakai untuk transaksi di PPOB Loket, hanya printer tambahan untuk penyimpanan/ filing saja.

Kesimpulan :

Bagi saya, printer dotmatrix adalah yang terbaik karena hasilnya tahan lama, pilihan kedua adalah tinta untuk kecepatan transaksi, untuk laser dan pdf hanya opsi tambahan apabila diperlukan nanti. Demikian info semoga berguna.

PPOB Griyabayar Bank BTN Mempunyai Ketepatan Kecepatan Layanan Yang baik